ekspresi muzika

ILUSI, Membiaskan Aroma Rock

Beda dengan band kebanyakan yang lebih berkutat di jalur pop (dengan membawa resep sedikit rock sebagai bumbu), band pendatang baru yang terdiri dari Irfan (vokal), Bhyant (gitar) dan Alan (bass) baru saja merilis debut album perdana, Harapan.

Sekilas, kita bisa meraba, kata yang dipakai sebagai judul album ini, merupakan refleksi hati dari para personilnya. Tak hanya itu, Ilusi memang menjadikan beberapa lagu berdasarkan atas kenyataan-kenyataan hidup dalam kesharian mereka.

Seperti lagu Jauh, yang didedikasikan untuk orangtua Irfan yang pergi untuks elama-lamanya. Dan yang mengharukan, ini terjadi saat mereka tengah mulai proses rekaman. Dengan demikian, lagu yang dijadikan unggulan ini, memang punya nilai khusus buat para punggawa kelompok musik ini.

Andalan lain yaitu Inti Jiwa, memberikan alternatif baru di tengah hiruk pikuk band-band baru saat ini. Nuansa alternatif rock model ‘90an diracik ‘bumbu pasar’, yaitu konsep easy listening menghadirkan sebuah lagu mellow yang tak cengeng. Kepedihan ala rocker.  Hampir sama dengan lagu Saat Dia Tak Di Sisiku Lagi, yang ditulis di tahun 2007.

Soal nafas rock yang cukup kental, tak perlu diherani. Karena Irfan, Bhyant & Alan memang berangkat dari kekaguman mereka pada grup-grup besar macam Creed, Nirvana dan Pearl Jam (yang sangat diidolakan Irfan). Sedangkan Bhyant, menyukai yang ‘lebih konvensional’ seperti Guns N’Roses, Mr Big & Dream Theatre. Dan Alan, adalah fans berat System of a Down. Sehingga secara otomatis, mau tak mau, ini mempengaruhi pola musikalitas mereka.

Namun demikian, ketiganya mengaku, mereka sangat menghormati segala jenis music, khususnya yang ada di Indonesia. “Soal beda aliran, itu karena latar belakang. Tapi dengan keberagaman corak musik di negeri kita, itulah yang memperkaya khasanah musik Indonesia,” kata Irfan yang diamini rekan-rekannya.     iwan pras

 

 

 

4 responses

12 12 2010
sefrin

ssiiiip, ketok tulisane mantan seorang editor andal…ha haaa..bravoo

13 12 2010
iwan prasetya

waahh, jo ngono ah Frin, aku njur isin, ki lho aku njur umpetan ning ngisor mejo!..

8 08 2011
sefrin

wkkk..awas coro mas..gubrak..

9 08 2011
iwan prasetya

Piye kabarmu Frin? Jo lali lumpia yen aku mulih ng Smg ngko lho!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: