e-WARTA MUDA

WARGA DESA DANAU BERHARAP BISA NIKMATI LISTRIK DI TAHUN 2013

                Tamiang Layang, media-ekspresi :  If you’re livin’ in Java, listrik tentu sebuah kenikmatan yang bisa kamu konsumsi everytime. Tapi beda dengan di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah, di mana masih banyakdesa, bahkan zona tertentu wilayah perkotaan yang belum teraliri listrik. Produk yang dijual PT PLN itu masih merupakan sesuatu yang lux di sini, kendati nyatanya tak seindah yang diimpikan.Artinya, aliran listrik di Kalimantan Selatan & Tengah masih sering hidup mati mirip lampu disko, man!

“Ironis, kalau mengingat daerah kita menjadi penghasil batu-bara yang jadi bahan baku PLTU. Kasarnya, hasil alam kita diangkut, yang menikmati mereka di pusat, sementara kita sendiri kepayahan. Tapi kalau proyek PLTU yang dibangun oleh PT Rimau Elektrik di (Desa) Jaweten, Kec Dusun Timur, sebesar megawatt (MW) nanti jadi, kita tak perlu khawatir lagi. Karena kebutuhan di Kabupaten Barito Timur ini –totalnya- hanya 3,5 MW. Sisanya bisa kita jual ke kabupaten-kabupaten tetangga sebagai penyokong Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutur Bupati Barito Timur Drs H Zain Alkim, saat mengadakan kunjungan ke Desa Danau, Kec Awang, kemarin sore (26/11/ ’12).

Pernyataan orang nomor satu di Bartim itu dilontarkan menanggapi permintaan warga desa yang mengharapkan sekali bisa menikmati listrik tahun 2013, karena tiang-tiang PLN beserta instalasinya sudah terpancang. “Mr Bup” bahkan menyatakan akan mengupayakan hal ini dengan segenap elemen terkait, agar secepatnya jadi kenyataan. “Kita harapkan nanti akan jadi kado Natal bagi warga Desa Danau,” kata H Zain Alkim yang langsung disambut applaus masyarakat.

Sementara, beberapa warga yang ditanyai media-ekspresi mengatakan dengan adanya listrik yang sudah menyala nanti, akan membantu pula dalam berbagai kebutuhan warga masyarakat, seperti untuk usaha kecil/Industri Rumah Tangga (IRT) bahkan sampai ke keperluan vital  seperti penyedotan air.

“Kami tak sanggup harus mengangkut air dari sumber yang sekian kilometer jauhnya, dan kalau mau praktis ya beli air jerigenan. Nggak sanggup duitnya, Mas,” celetuk Beni, salah seorang pemuda setempat.    – iwan”resa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: