FESTIVAL MUSIK & SOLO VOKAL OIKUMENE I

25 04 2012

PIONIR KEGIATAN MUSIKAL ROHANI se-DAS BARITO 

Sebelum saya membahas kegiatan ini jadi sebuah artikel reportase, lebih dulu saya minta maaf kepada pihak penyelenggara, lantaran ada satu hal yang mungkin kecil, tapi menurut saya fatal dari sisi estetika bahasa. Yaitu label kegiatan yang saya baca di proposal teman-teman panitia; “Festival Music & SoloVocal Oikumene…” dan seterusnya, dan seterusnya.

Kalau melihat kata tadi,dan kalau mau mengacu pada standar Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) bukankah seharusnya bukan “Music”, tapi “Musik” (pakai “K”?). Dan, bukannya “Solo Vocal”, tapi “Vokal Solo” (sesuai asas DM alias Diterangkan-Menerangkan). Tapi ya sudahlah, ini perkara yang tak perlu diperdebatkan lebih dalam. Saya lebih melihat, semangat teman-teman penggagas acara ini patut diacungi jempol. Meski saya bukan seorang Kristiani, tapi saya senang melihat rekan-rekan punya ide positif yang berbeda dari biasanya. Soalnya, selama ini kegiatan festival musik di wilayah Daerah Anak Sungai (DAS) Barito lebih pada festival musik umum.

Menurut analisis saya, eh sorry, itu sih kata Mas Sentilan-Sentilun ya?…maksudnya; menurut penilaian saya, festival musik rohani ini perlu diadakan untuk memberikan tantangan pada teman-teman aktivis gereja. Sekaligus menunjukkan bahwa generasi muda di kawasan Barito pun punya ide cemerlang. Lagian kalau saya pikir, ini bisa jadi ajang silaturahmi para pegiat dari berbagai denominasi (aliran) gereja.

Kembali ke soal festival, dikatakan oleh Ketua Panitia, Awatno AMKG, ajang ini sudah meminta restu pada Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Resort Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Karau, yang merupakan pemegang amanat majelis wilayah sini. Dan Awat –panggilan akrab Awatno—juga menampik kalau ada yang mengatakan kegiatan ini mengandung aroma politis.

“Saya tegaskan, kita tidak memanfaatkannya sebagai ajang promosi politik, mentang-mentang Barito Timur akan menghadapi Pilkada tahun 2013. Ini kegiatan murni berbau keagamaan, jadi harus steril dari apapun yang berbau politik. Saya malah mempersilakan semua bakal calon kandidat berkontribusi di sini, dalam berbagai bentuk. Apakah itu spanduk, souvenir, atau apapun. Monggo, silakan,” kata pria yang dikenal kerap malang melintang di dunia festival skup se-Barito dan berposisi sebagai vokalis serta drummer beraliran rock ini.

Untuk mendukung kegiatan, imbuh Awat, pihaknya juga sudah minta dukungan dari pemerintah daerah. Kebetulan, Wakil Bupati, Ir Yuren S Bahat MT MM, adalah juga Ketua Majelis Sinode se-Barito Timur. Dan ia juga meminta dukungan dari politisi muda Ariantho S Muller ST, yang dikenal dekat dengan kalangan anak muda.

“Perkara apakah keduanya jadi berlaga di Pilkada mendatang, dengan latar belakang masing-masing, jangan dikaitkan di sinilah. Toh mereka bisa beda ‘warna’. Dari pihak lain pun saya terima keikutsertaannya jika berkenan. Yang jelas, untuk kegiatan ini kita lupakan sejenaklah segala kepentingan duniawi, karena kita bekerja untuk Tuhan,” tegasnya.

Festival yang akan digelar bulan Mei mendatang tsb, akan memperebutkan total hadiah Rp 40 juta dan bagi Juara I, dikatakan Awat, berkesempatan untuk masuk dapur rekaman (lagu rohani). Para peserta yang ingin ikut, dipersilakan menghubungi dirinya atau teman-teman panitia, di nomor HP 0856 5104 8144.

Adapun lagu-lagu yang dipertandingkan, antara lain:

 

Kategori Vokal Solo Putri, lagu wajib:

-Karya Terbesar (Maria Shandy)

Bagi Tuhan Tak Ada Yang Mustahil (Sari Simorangkir)

Walau Seribu Lebah (Nikita)

 

 

 

Kategori Vokal Solo Putra, lagu wajib:

-Permata Hatiku (Sammy Simorangkir)

-Tuhan Pasti Sanggup (Mike Idol)

-KasihMu Tiada DuaNya (Frangky Sihombing)

 

Dan seterusnya (nggak cukup ruangan nih buat nulis semuanya, bro!). Pokoknya, silakan hubungi panitia di nomor tadi lah, untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut & lebih komplet..  –iwan pras

 

Iklan

Aksi

Information

One response

29 04 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: