GOOD JOB, I LIKE IT!

24 03 2012

 

Antusiasme masyarakat kami di Ampah, the small ville in Kabupaten Barito Timur, terhadap pertunjukan musik live memang jempol. Jangankan yang gratisan, yang pake bayar aja tetep dirubung kayak permen yang ngundang kedatangan semut! Makanya, adalah satu kesalahan besar kalau sponsor dihinggapi perasaan ragu atau malas bikin pagelaran di sini.

Antusiasme itu bisa diukur juga dari cara mereka merespon lagu-lagu yang dimainkan band yang tampil, bahkan juga band itu sendiri. Seperti juga band ‘dadakan’ kami, “P-Mack’syang manggung di acara Gulden Jump Street, medio Pebruari ini. Harus kita akui juga, band-band yang tampil emang bagus, rapi dan bersih. Mungkin lantaran persiapan mereka cukup matang buat tampil di acara yang menggunakan stage truk trailer ini.

Memang, band kami pun boleh dibilang sukses juga. Tapi itu dari sisi respon penonton, yang mayoritas ‘kroni’ kami semua. Dari sisi performance atau stage act ya boleh jugalah, cuman kalau mau jujur kehadiran dua ‘additional musicians’ kami, Yudi ‘Gedek’ (drum) dan Milo (bas), yang mendadak nongol dua jam sebelum pementasan, agak bikin kerepotan. Selama ini, formasi kita adalah saya sendiri; Iwan “Resa” (vokal utama), Awat (dram, vokal), Wahyu & Chandra (gitar) dibantu Iwan B (bas), Axcel (vokal) serta Vino (keyboard).

Lhah, tiba-tiba aja dua teman yang udah lama nggak gabung tsb nongol lagi ikutan. Yaa, gimana lagi, kita ‘kan jaga pertemanan, jadi ya sudahlah, welcome aja. Mungkin juga kesibukan rutin keseharian bikin mereka kangen dunia panggung. Yudi ‘Gedek’ (yang nggak ada hubungan sama Robot Gedek) sebagai pegawai PT Pos Indonesia, Ampah, hari-harinya sibuk ngurusin nasabah. Milo repot ngurusin ternak ayam sama tokonya. Yaaa, ini karena di Indonesia, musisi lokal nggak bisa dijamin hidup dari musik, jadi kita punya kerja formal (baca: kerja ‘terpaksa’ demi kebutuhan perut, –red).

Ya sebagai orang Indonesia yang selalu mengandalkan kata “untung”, P-Macks –yang kini udah ganti nama resmi jadi “born.E.O band”- untungnya manggung dengan lancar. Siapapun personelnya, the show must go on lah. Kita udah komitmen ama Mas Piet (atau Mas Ipit?), Koordinator Pementasan Gulden Jump Street bahwa kita mau tampil kok. Dan buat Mas Piet, yang entah baca postingan ini atau nggak, kita sampein terima kasih sebesar-besarnya yang udah mempersilakan band ‘koalisi’ kita tampil.

Ngomong-omong, acara Gulden Jump Street (GJS) ini sendiri di mata saya, jujur emang bukan acara variety live show pertama yang ada di Ampah. Ada kompetitor produk lain juga sudah lebih dulu menggelar acara serupa. Tapi  GJS punya tiga alternatif menu tontonan yang fresh dan progresif. Yaitu, free style motorcycle bike (mengendarai sepeda motor dengan gaya bebas), aksi magician dan lady bike wash (performa cewek pembersih sepeda motor dengan iringan house music), yang cukup bikin seger mata publik.

Kalau dilihat, kayaknya produk rokok Gulden lewat acara ini, lagi berupaya membuat pencitraan baru. Dan itu sah-sah saja bagi sebuah perusahaan rokok, tentunya. Selama ini, imej pasar Gulden memang sedikit terbatas, ke kalangan proletaar. Indikasi upaya pencitraan, antara lain bisa dilihat dari materi lagu yang bakal dibawakan para penampil. Lagu I Want Out dari Helloween yang mau rencana mau kita bawain aja ‘dicekal’. He he he..Tapi kita maklumin alasan mereka, bahwa ini terkait citra brand mereka. Makanya, sebelum kita diterima buat tampil pun ditanya; apa reputasi atau prestasi band kita.

Melalui GJS, rokok berlogo mata uang Kompeni ini seperti ingin mengangkat ke skup yang lebih atas. Bukan mustahil penggeseran imej ini akan berhasil sukses, sepanjang para kru Gulden konsisten menggelontorkan pentas serupa, terutama di Ampah. Sebab, porsi antara konsumen rokok dengan anak band di Ampah adalah sejajar ideal. Dengan bahasa lain: you bikin acara di Ampah, libatin dong anak lokal, so next time orang sini pun tetap antusias beli produk you..ha ha ha (kayak Kompeni aja ah..) But anyway, sekali lagi ‘makasih buat Mas Piet dkk dari Gulden..Ampah hou van jou! Moga-moga lain kali masih mempercayakan P-Macks (Piye-Makanine) band yang kini udah paten jadi “born.E.O band” buat jadi satu perform act lagi.. Good job, I like it!  – iwan “resa” prasetya

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: